Kegagalan adalah kesuksesan

Posted: 22 April 2009 in Angga n Alvi, Bisnis dan Kehidupan

Beberapa tahun yang lalu mungkin, istilah itu (kegagalan itu indah)aku dapat, sering denger sih, tapi baru kali itu aku merasakan sendiri indahnya kegagalan. sebelumnya sering aku menyimpulkan “kegagalan awal kehancuran”. But, kenyataan telah menjawab bahwa opsi itu SALAH besar. Dulu aku berprinsip “kegagalan awal kehancuran” or “kegagalan adalah kebodohan” or “bila gagal, tinggalkanlah jalan itu” atau apalah yang intina aku gak mau semua usahaku mengalami kegagalan. picik n bodoh juga aku punya prinsip seperti itu, ketika suatu hal membukakan aku dengan prinsip yang baru.

Dulu, aku pernah kerja di suatu perusahaan, awal emang indah… nyaman, tenang, penuh aktifitas, sesuai skillku, yang enak2 pokoknya aku rasakan. tapi, setelah beberapa lama aku kerja di situ aku mengalami beberapa kendala. tidak cocok dengan managemenlah, salary tidak mendukung lah, banyak yang syrik, lingkungan kerja tidak mendukung dikarenakan banyak pegawe baru, sampai2 aku alami kegagalan dalam hubungan cinta. hingga sampai saat itu aku mengalami sebuah kegagalan. aku putusin untuk resend. aku cut dari kerjaan itu, meskipun belum 100% ilmu aku dapat, coz aku sudah pada titik putus asa, aku anggap aku sudah tak sanggup menjalankan pekerjaan di situ. dari situ aku menganggap diriku bodoh dan kehidupanku hancur.
Tak lama aku menge”close” hari2 kerjaku, iseng2 aku buka usaha sendiri. awalnya kecil sih, hanya 1X2 meter, itupun aku nebeng di tempat usaha kakakku. But… apa yang terjadi Allah SWT ternyata sayang banget ama aku (meski aku sering lupa denganNya) usahaku yang aku jalani dengan santai (alias gak serius) membuahkan hasil yang signifikan. baru 2 bulan berjalan, modal udah balik. dari situ aku mulai semangat lagi, kecil aja bisa, apalagi besar??? Akhirnya aku berani kontrak ruko sendiri yang gak jauh dari tempat usahaku yang lama. Dengan modal menguras semua tabungan yang ada ditambah kucuran dana Ortu (thanks banget mom n dad) n dukungan dari orang2 terdekat n tersayang, aku mulai deh usahaku sendiri. aku mulai dari 0, dari jualan sendiri alias jaga toko sendiri sampai aku gak pernah pulang dari toko (alias aku tidur di dalam toko). kira2 6 bulan aku jalanin seperti itu, penuh kesabaran/tirakat memang n tak lupa do’a, aku udah berani ambil pegawai. bulan pertama hanya 1 orang, kemudian tambah satu lagi hingga saat ini aku udah punya 5 pegawai. N sampai sekarang modal udah balik, tinggal spekulasi bisnis, cari2 tambahan relasi, cari2 pinjaman buat tambah memperlebar sayap. mmm… pokoknya udah dapat buat menghidupin keluarga (karena saat ini aku udah jadi suami dari istriku tersayang). hingga aku pernah menghitung rata2 penghasilan dari usaha tersebut kira2 hampir 10x lipat dari salary aku di kantor dulu, meski sekarang aku mencoba lagi kerja di kantoran, untuk mencari ilmu baru… hehehhe

Dari sepenggal cerita di atas aku dapat menyimpulkan kegagalan bukanlah awal kehancuran, kegagalan bukanlah kebodohan, melainkan kegagalan Itu Indah, Kegagalan awal dari kesuksesan. dan satu prinsip aku “ketika kita mencoba dan gagal, itu adalah kesuksesan dan jangan kau berhenti untuk mencoba, karena keyakinan yang akan membawa kita menuju kesuksesan”

Kegagalan adalah Kesuksesan…

Comments
  1. ekaria27 says:

    Selamat untuk usahanya🙂
    terkadang pintu lain terbuka lebar saat satu jalan tertutup
    salam kenal

    • alvie says:

      hehehhe… makasih atas ucapan dan sarannya. bener juga terkadang celana terbuka lebar, saat celana orang lain tertutup (xixixixi just kidding). iya bener, kalo ada pintu lain terbuka, ngapain susah2 lewat jalan tertutup??? salam kenal juga…

  2. muly says:

    “ketika kita mencoba dan gagal, itu adalah kesuksesan dan jangan kau berhenti untuk mencoba, karena keyakinan yang akan membawa kita menuju kesuksesan” .
    terima kasih untuk kalimat ini, saya bisa menjadi lebih semangat dalam hidup!!!

    mungkin umur lebih tua dari saya, tapi pengalaman kelihatan lebih hebat anda! sukses pak!!!

    • alvie says:

      wah… makasih, semoga sukses juga…
      n jangan lupa, kegagalan dan kesuksesan bukan hanya dari tangan kita sendiri, semua kefanaan ini, melainkan hanya Allah SWT yang bisa memutuskannya. sertailah usaha kita dengan Do’a. Ok???

Leave a Reply

