Kanker Serviks (Kanker Kandung Rahim)

Posted: 28 April 2009 in Kesehatan

Ada yang tahu tentang Kanker Serviks (Kanker Kandung Rahim)
Penyakit kanker serviks merupakan penyebab utama kematian akibat kanker. Di dunia, setiap dua menit seorang wanita meninggal dunia akibat kanker serviks.
Di Indonesia Kanker ini membunuh 1 orang perempuan setiap 1 jamnya.

Kanker ini sering disebut ladies silent Killer
Karena biasanya perempuan tidak menyadari adanya kanker serviks didalam tubuh mereka
Umumnya mereka datang ke rumah sakit dalam kondisi sudah parah

Perempuan yang rawan mengidap kanker serviks adalah mereka yang berusia antara 35-50 tahun, terutama Anda yang telah aktif secara seksual sebelum usia 16 tahun. Hubungan seksual pada usia terlalu dini bisa meningkatkan risiko terserang kanker leher rahim sebesar 2 kali dibandingkan perempuan yang melakukan hubungan seksual setelah usia 20 tahun. Kanker leher rahim juga berkaitan dengan jumlah partner seksual. Semakin banyak partner seksual yang Anda miliki, maka kian meningkat pula risiko terjadinya kanker leher rahim. Sama seperti jumlah partner seksual, jumlah kehamilan yang pernah dialami juga meningkatkan risiko terjadinya kanker leher rahim.Anda yang terinfeksi virus HIV dan yang dinyatakan memiliki hasil uji pap smear abnormal, serta para penderita gizi buruk, juga berisiko terinfeksi virus HPV. Pada Anda yang melakukan diet ketat, rendahnya konsumsi vitamin A, C, dan E setiap hari bisa menyebabkan berkurangnya tingkat kekebalan pada tubuh, sehingga Anda mudah terinfeksi. at nikotin serta “racun” lain yang masuk ke dalam darah melalui asap rokok mampu meningkatkan kemungkinan terjadinya kondisi cervical neoplasia atau tumbuhnya sel-sel abnormal pada rahim.
Tp sekarang perempuan belum melakukan hubungan seksual pun bisa terserang kanker rahim

Meski menempati peringkat tertinggi di antara berbagai jenis penyakit kanker yang menyebabkan kematian, kanker serviks merupakan satu-satunya jenis kanker yang telah diketahui penyebabnya. Karena itu, upaya pencegahannya pun sangat mungkin dilakukan. Yaitu dengan cara tidak berhubungan intim dengan pasangan yang berganti-ganti, rajin melakukan pap smear setiap dua tahun sekali bagi yang sudah aktif secara seksual, memelihara kesehatan tubuh, dan melakukan vaksinasi HPV bagi yang belum pernah melakukan kontak secara seksual.

Mengetahui lebih awal lebih baik daripada mengobati… ..
Lindungi orang – orang yang kamu Sayangi

http://perempuan.kompas.com/read/xml/2009/03/27/13310210/13.fakta.kanker.serviks.2

http://m.kompas.com/news/read/data/2008.02.10.14093762

http://www.hupelita.com/baca.php?id=34219

milis.studiosewelas

Comments
  1. airyz says:

    walopun sy cow, thanks infonya😀

  2. yopi_mlg says:

    info penting juga…
    sampai2 aku khawatir ama kaum hawa disekitarku…
    sayang, biaya periksanya mahal ya?
    vaksinnya ajah sekitar 750rb/vaksin…

    hmhmhmhm,
    emang sehat itu mahal ya pak…

    • alvie says:

      hehehehehe,
      makana kita harus rajin2 merawat kesehatan.
      jangan biarkan anugerah KESEHATAN pada diri kita, terabaikan begitu saja. n… Kesehatan sebagian dari Iman.🙂

  3. love kitty says:

    mas / mbak …
    thanks banyak infonya,
    aku jadi takut bergaul ama cowok, urungin niat buat pacaran lagi degh…
    hmmm…
    aku mau janji pada diri aku sendiri “Cari Cowok setelah umur 22tahun, langsung nikah degh… Keep Virgin pastinya!!!”

    ketakutanku gak jauh beda dgn ketakutanku pada HIV

    • alvie says:

      gak perlu terlalu takut akan hal itu.
      gak perlu takut untuk pacaran (hari gini gak pacaran??? apa kata dunia…. xixixixi <—- menurut anak muda jaman sekarang!)
      yang penting dalam berpacaran, kita harus pacaran sehat! NO SEX, NO ALCOHOL!!!! mungkin selama berduaan dengan pacar, cukup curhat2an aja, guyonan, cerita2 n jangan sampe kontak body, kalo sebatas pegangan tangan sih gak masalah. Ok?
      trus… kalo mau nikah gak usah takut, resiko paling jelek, meskipun kita menikah usia 25, kalo pasangan kita punya penyakit menular yang berbahaya, sama aja kan???
      so… positif thingking aja, berdo’alah semoga kita semua tidak terkena penyakit gituan.
      ok?

      sukses!

  4. Tanti says:

    Numpang menyiarkan info yang berkaitan dengan kanker ini yaa..
    Dear All,
    saya peduli dengan kanker serviks ini, ternyata kanker ini bisa disebabkan karena penggunaan pembalut, saya mau mengajak teman2 untuk bergabung mendapatkan pengetahuan bagaimana pencegahan dan pengobatan yang terjangkau untuk mengatasi kanker ini, bahkan tidak hanya untuk kanker tapi juga kista/tumor/myom….
    untuk teman2 yang memiliki saudara yang mengalami hal berkaitan dengan kanker silahkan japri untuk keterangan lebih lanjutnya…

  5. alvie says:

    wah… thanks banget to mrs. Tanti… tambah ilmu lagi nih Angga… kalo bukan kita yang peduli, siapa lagi??? Monggo yang kepingin sharing2 kesehatan, InsyaAllah kalo kita semua bisa bantu, akan kita bantu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s