10 Penyebab Kegagalan Bisnis menurut Al-Qur’an dan Sunnah

Posted: 5 May 2009 in Angga n Alvi, Bisnis dan Kehidupan, Do'a, Cinta & Kasih sayang

10 Penyebab Kegagalan Bisnis menurut Alquran dan Sunnah yaitu :
1. Tidak taat kepada Alloh.. “Barang siapa yang berpaling dari taat kepadaKu (Alloh), maka ia akan mendapatkan kehidupan yang sulit…..”(Q.S. Thaha 20:124)

2. Merasa Lemah. Nabi Saw, bersabda: “Tangan itu ada 3 macam, tangan Alloh adalah yang tertinggi, tangan pemberi ada pada tingkat selanjutnya, dan tangan peminta ada pada tempat terbawah. Oleh karena itu, hendaklah kamu memberikan kelebihan kamu dan janganlah kamu membuatdirimu menjadi lemah (malas).” (H.R.Ahmad, Abu Dawud).

3. Meminta-minta. Nabi Saw bersabda: “Barang siapa menjaga kehormatannya, maka Alloh akan menjaga kehormatannya. Barangsiapa mencukupkan dirinya dengan apa yang ada, maka Alloh akan menjadikan dia cukup. Barangsiapa meminta-minta kepada orang padahal ia punya uang setara dengan lima uqiyah, maka sesungguhnya ia telah meminta kebinasaan.” (H.R. Ahmad)

4. Kikir. Dari Asma binti Abu Bakar, sesungguhnya ia berkata:”Wahai Rasulullah, saya tidak mempunyai apa-apa, kecuali yang diberikan Abu Bakar kepadaku, apakah saya berdosa kalau mengeluarkan sedekah dari apa yang diberikan Zubair kepadaku? ” Beliau bersabda:”Bersedeka hlah kamu menurut kemampuanmu dan jangan kamu kikir kelak Alloh akan kikir kepadamu.” (H.R.Bukhari )

5. Bersumpah. Dalam Jual Beli Nabi Saw bersabda:”Sumpah itu melariskan barang dagangan, tetapi menutup pintu berkah sedikit demi sedikit.” (HR.Abu Dawud)

6. Pergi ke Dukun atau Peramal. Barangsiapa mendatangkan dukun peramal dan percaya kepada ucapannya, maka dia telah mengkhufuri apa yang diturunkan Alloh kepada Muhammad Saw (HR.Abu Dawud).

7.Memakan Makanan Haram. Wahai Sa’ad perbaikilah (murnikanlah) makananmu, niscaya kamu menjadi orang yang terkabul doanya. Demi jiwa Muhammad dalam genggamanNya. Sesungguhnya seorang hamba melontarkan sesuap makanan yang haram ke dalam perutnya maka tidak akan diterima amal kebaikannya selama empat puluh hari. Dagingnya tumbuh dari yang barang haram maka api neraka lebih layak membakarnya (HR.Athabrani)

8. Tidak Memanfaatkan Kesempatan. Ambillah kesempatan lima sebelum lima : Mudamu sebelum tuamu, sehatmu sebelum sakitmu, kayamu sebelum miskinmu, hidupmu sebelum matimu, dan senggangmu sebelum sibukmu (HR.Al-Hakim dan Al.Baihaqi).

9. Menyia-nyiakan Waktu. Demi masa. “Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran, dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran” (Al’Ashr 103:1-3).

10. Bangun Siang. Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhan mu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barokah dan keberuntungan (HR.Athabrani dan Al Bazzar)

Comments
  1. alvie says:

    wah, setelah aku sadar, emang aku belum saatnya merasakan keberhasilan yang sesungguhnya, secara selama ini aku belum sepenuhnya bisa menghindari 10 Hal di atas. Tapi, gak ada salahnya kan aku tulis, buat semangat diri sendiri n semoga bermanfaat buat orang laen… Amin…

  2. wakakakakakakakakakakakak

  3. si joni says:

    Memang untuk meraih kesuksesan, diperlukan perjuangan yang berat ya??? Tapi, kalo gak gitu, manusia akan menjadi malas… dan seperti aku gini, senengane “Njagakke Ndok Blorok!!!” hehehehehe… Sipp Pak Angga!!!

  4. usaharumahan says:

    Subhannallah… Artikelnya mengingatkan saya untuk snantiasa brda d jln Allah…
    Terimakasih untuk Infornya yang sangat mengagumkan n sangat penting ini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s