“Insomnia” Baik ato Burukkah ?

Posted: 21 March 2010 in Bisnis dan Kehidupan, Kesehatan

Insomnia dalam kamus berarti keadaan tidak dapat tidur krn gangguan jiwa …
Gangguan Jiwa di sini bukan berarti penderita insomnia itu Gila / edan (hehehehe). Karena tak sedikit orang gila yang tidak menderita insomnia.
Saya akui saya sendiri penderita insomnia. Sulit tidur di waktu malam, namun bisa juga dipaksakan untuk tetap melek di pagi s/d siang hari… (penyakit2…).

Ada 2 argument dalam bidang insomnia… ada yang bilang baik (termasuk saya) ada yang bilang buruk (termasuk Bos, adik dan ortu saya)..
Bagaimana Insomnia dikatakan baik ???

  1. Penderita memanfaatkannya dengan Sholat malam, Ibadah deh poko’nya
  2. Jika penderita insomnia tersebut dapat menemukan sesuatu yang positif sewaktu insomnianya kambuh. Semisal browsing Internet terus nemuin ide2 positif, posting blog berisi ide2 cemerlang, download2 tutorial, software2 bermanfaat, dsb, ato lebih baek lagi kalo browsing dapat mendatangkan uang sebagai tambhan penghasilan. hehehehehe (pengalaman pribadi kalo ini).
  3. Jika penderita insomnia diwajibkan menderita penyakit tersebut karena tuntutan pekerjaan. Semisal dia bekerja sebagai Aparat (POLRI, TNI, SATPAM, HANSIP, RONDA) yang dapat giliran jaga malam, sebagai artis yang syuting malem, reporter 24jam, dan masih banyak lagi profesi2 yang dituntut sulit untuk melaksanakan kewajiban tidur…
  4. Jika penderita insomnia dapat mengatur waktu dan kesehatan meskipun dia terkena serangan insomnia akut. hehehehehehe

Bagaimana Insomnia Dikatakan Buruk ?

  1. Jika sang insomnies (weh, bener gak nich sebutannya…xixixii) sengaja memaksakan dirinya sebagai penderita insomnia untuk hal2 yang negatif, seperti menghabiskan malam dengan mabuk2an, dugem tiap malam, judi, maen game sampe lupa waktu dsb.
  2. Jika penderita insomnia memanfaatkan penyakitnya untuk hal2 tercela… seperti maling/rampok di malam hari (dikala yang diincer lagi enak2nya terbawa bunga tidur), selingkuh (dikala pasangannya bubuk),
  3. Parahnya lagi, bukan penderita insomnia ikut2an menjadi insomnies karena ingin ikut2an teman / kelompok yang sekedar menghabiskan malamnya untuk nongkrong di luar / warung tanpa maksud yang jelas, dan ujung2nya malah menjadi penyakit (spt masuk angin, demam, flu dsb.)

Ok, ada beberapa hal diatas yang saya sebutkan.. Jelas ada kurangnya, untuk itu saya minta masukan dari pembaca dan blogger2 laen… Thanks.. Semoga Bermanfaat !!!

Comments
  1. sebenarnya tinggal bagaimana kita menghadapinya. jika kit amenganggapnya sebagai ketentuanallah yang pasti puny akebaikan. maka saya rasa itu merupakan langkah baik untuk mendekatkan diri kepada allah.

  2. alvie says:

    oyi Gan.. Mntab Gan, Singkat Padat Jelass !

  3. hamba allah says:

    begini low mas angga yang baik hati dan tidak sombong (bener gak ya…???)
    penyakit insomnia ini tuh dikategorikan berbahaya jika penyakit ini diderita terus menerus. ilmu kedokteran mengadakan survei “manusia yang tidak tidur 10 hari 10 malam berturut-turut dapat meninggal pada hari ke-11. karena organ tubuh tidak bisa istirahat…

    kesimpulannya insomnia dikatakan buruk karena membuat organ tubuh kita terus menerus bekerja, yang bisa mengakibatkan kerusakan pada organ tubuh tersebut.

    (anak buahmu aja tau low)

  4. alvie says:

    Iki Tulisane Sopo Ya ??? Kok Apik Men Ndengaren.. ahhahaha

    ok deh makasih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s